Cara Merawat Mesin Fotocopy Agar Bertahan Lama

1. Membersihkan Waste Toner

Jual dan Sewa Mesin Fotocopy & Sparepart Berkualitas & Terpercaya

Waste toner adalah tempat menyimpan toner bekas yang dihasilkan dari proses fotocopy. Beberapa toner yang menempel pada drum akan dibersihkan dengan blade yang dialirkan pada waste toner. 

Ciri toner yang sudah penuh ditandai oleh munculnya pesan replace water toner yang berarti sudah saatnya untuk membuang sisa toner dan sudah tidak bisa menampung toner kembali. 

Membersihkan waste toner sangat mudah cukup membuka baut pada bagian body cover yang terletak pada samping mesin. Kemudian keluarkan tabung dan buang toner hingga habis. 

Yuk Baca Artikel : 

Gambar Waste Toner

Setelah waste toner habis maka lakukan pemasangan kembali. Cara ini merupakan cara yang penting untuk dilakukan agar tulisan replace waste toner tidak muncul dan menjaga kebersihan mesin fotocopy. 

2. Memperhatikan Bagian Korona Bawah dan Atas

Gambar Corona Bawah

Cara merawat Mesin fotocopy berikutnya yaitu dengan membersihkan pada bagian korona bawah dan korona atas untuk menjaga kualitas mesin fotocopy.

Untuk pembersihan dapat dilakukan setiap hari jika volume pengcopyan sangat banyak. Korona yang tidak dibersihkan maka akan semakin kotor sehingga mengakibatkan kode error e61 pada mesin. Pembersihan bagian korona sangat penting untuk diperhatikan

3. Membersihkan Body Mesin Fotocopy

Jual dan Sewa Mesin Fotocopy & Sparepart Berkualitas & Terpercaya

Cara Merawat Mesin Fotocopy berikutnya yaitu sering dan serutin mungkin untuk menjaga kebersihan mesin dari debu. 

Cara membersihkannya dapat dilakukan dengan menggunakan kain lap untuk mengelap bagian luar mesin yang kotor. Perlu diperhatikan seperti tissue, potongan kertas dan isi steples tidak boleh masuk kedalam mesin fotocopy. 

Disekitar mesin fotocopy diharuskan untuk terhindar dari makanan dan sampah tujuannya agar tikus tidak masuk kedalam mesin fotocopy. Tikus dapat merusak bagian sparepart mesin dan kabel didalam mesin. 

4. Bersihkan Drum Pada Mesin Fotocopy

Jual dan Sewa Mesin Fotocopy & Sparepart Berkualitas & Terpercaya

Cara merawat mesin fotocopy berikutnya yaitu dengan membersihkan drum pada mesin fotocopy. Pembersihan dapat dilakukan dengan menarik drum keluar lalu membersihkannya menggunakan braso. 

Drum pada mesin fotocopy harus dibersihkan agar sisa toner yang tidak dibersihkan sempurna oleh wiper blade akan menempel pada drum. Drum merupakan tempat toner melekat dan pencetakan kertas. 

Drum dapat dijaga kualitasnya dengan menggunakan tinta original bermerk resmi sama seperti merk mesinnya. Penggunaan tinta yang tidak original dapat merusak komponen mesin lainnya. 

5. Clean Error dan Jam Paper Mesin Fotocopy

Cara merawat mesin fotocopy berikutnya yaitu dengan mengatasi clean error dan jam peper yang terkadang terjadi. Jam paper pada umumnya terjadi akibat peletakkan kertas yang tidak rapi dan kertas yang tidak dilonggarkan terlebih dahulu. Terjadinya jam paper akan terdapat pemberitahuan pada layar mesin fotocopy untuk mengetahui posisi kertas tersangkut. 

Penyebab lainnya terjadi jam paper ialah terdapat kerusakan pada komponen mesin fotocopy, sehingga perlu dilakukan penggantian komponen untuk membenahi mesin fotocopy agar bisa kembali normal. 

6. Membersihkan Platen Glass Mesin Fotocopy

Gambar Platen Glass

Cara merawat mesin fotocopy berikutnya yaitu dengan membersihkan platen glass yang merupakan tempat ditaruhnya dokumen sebelum difotocopy.

Platen glass sangat penting untuk dibersihkan secara berkala karena kotoran atau debu dapat masuk kedalam mesin fotocopy bersama dengan dokumen atau kertas yang difotocopy. 

Platen glass yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bercak yang dapat membuat costumer kecewa. 

Cara membersihkan platen glass dapat menggunakan kain lap dan pembersih kaca sehingga benar-benar kering. Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam platen glass dengan melepas kaca dan membersihkan pada bagian mirror dibawahnya. 

Mesin yang sudah lama digunakan dikhawatirkan terdapat debu pada bagian dalam platen glass dan miror sehingga dapat menyebabkan hasil mesin fotocopy menjadi buram dan tidak jelas, sehingga membersihkannya merupakan kewajiban. 

7. Membersihkan Roller Karet Mesin Fotocopy

Gambar Roller Karet Mesin Fotocopy

Cara merawat mesin fotocopy berikutnya yaitu dengan membersihkan roller mesin fotocopy dari debu secara teratur.  Roll utama yang harus diperhatikan yaitu roller feed, roll ADF, Roller separator dan roll pick up. 

Roller ini akan bersinggungan dengan kertas sehingga pembersihannya harus dilakukan secara rutin. Roller yang sudah halus, harus segera diganti karena dapat mengakibatkan kertas tersangkut dan tidak dapat ditarik. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Yuk Hubungi Kami
Mesin Fotocopy Rusak ? Yuk Konsultasi
CS DokterFotocopy
Ada yang bisa kami bantu ? Kami Melayani Jasa Service Mesin Fotocopy Seluruh Indonesia & Menjual Mesin, Sparepart Mesin Fotocopy Untuk Bisnis Anda, Yuk Pesan Sekarang Juga